Pages

20 December 2013

LAYAR KEMILAU: Haji Gatot - Sinopsis Global



Tayang: Jumat, 20 Desember 2013, Pukul 12.00 WIB

Keluarga Imran dan Keluarga Haji Arkan tinggal bertetangga di sebuah kampung. Pak Imran hidupnya sangat sederhana bahkan cenderung pas-pasan karena pekerjaannya hanya seorang guru agama SD. Tapi Pak Imran terkenal sebagai orang yang santun dan sabar. Sementara kebalikannya, Haji Arkan adalah seorang yang kaya raya dan sombong. Jabatannya yang cukup tinggi di kantor pemerintahan daerah, membuat keangkuhannya semakin menjadi-jadi.

Haji Arkan selalu membanggakan kehajiannya dan memandang remeh kepada orang lain, terutama kepada Pak Imran. Haji Arkan tipikal orang yang suka riya dalam beribadah. Ia rajin ke mesjid, tapi rajin juga bergunjing.

Tahun ini, kebetulan kedua-duanya sama-sama berniat untuk pergi haji. Bedanya, buat Pak Imran ini adalah pertama kalinya ia akan berangkat ke Mekkah, sementara Haji Arkan sudah yang ke sepuluh kali (dan ia selalu membangga-banggakan soal ini). Pak Imran bisa membayar ONH dengan tabungan yang ia kumpulkan selama bertahun-tahun, sementara Haji Arkan, tentu saja dengan uang hasil korupsi sana-sini karena jabatan yang ia duduki lumayan ‘basah’.

Tapi waktu Pak Imran ke rumah Haji Arkan, Pak Imran diterima dengan sinis dan bahkan menghina-hina Pak Imran dengan mengatakan bahwa Pak Imran belum pantas naik haji dsb. Pak Arkan tak berhenti cuma sampai di situ, ia benar-benar tak rela melihat Imran mau pergi haji. Maka Pak Arkan menyusun rencana supaya Imran tak jadi pergi. Berbagai cara licik dilakukannya, sampai akhirnya Pak Imran benar-benar tak bisa berangkat ke tanah suci. Arkan senang.

Tapi Pak Imran ikhlas meskipun ia tak jadi pergi menunaikan haji yang sudah direncanakannya bertahun-tahun. Sementara Pak Arkan di depan semua orang memanggil Pak Imran dengan panggilan “Haji Gatot (gagal total)” dan ia berangkat dengan hati yang lega.


Courtesy of MNCTV 


No comments :

Post a comment